CARA MENGHILANGKAN SINDROM EH, APA, EHM DALAM BERBICARA

  1. 1.      Tanamkan Pada Diri Bahwa Grogi Adalah Energi Positif

Coba deskripsikan apa yang anda rasakan saat grogi ? Pasti perasaan yang paling dominan adalah dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, dan darah seolah mengalir lebih cepat. Kenapa bisa menjadi seperti itu ? sebenarnya semua yang anda rasakan adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri. Kini tinggal berpulang pada anda. Andalah yang harus memegang kendali agar energi tersebut bisa disalurkan secara positif. Tidak ada yang salah pada energi itu. Ia perlu disalurkan secara positif. Jadikan energi itu sebagai bahan bakar untuk presentasi yang sukses.

  1. 2.      Lepas !

Rasa takut gagal serta bayangan negatif dan tidak percaya membuat anda jadi merasa terbebani. Akibatnya jadi malah tidak lepas dan grogi. Sebelum anda bisa menggunakan energi grogi itu secara positif, maka terlebih dahulu anda harus menetralisir emosi-emosi negatif tersebut. Cobalah tampil lebih lepas dengan menanamkan pada diri bahwa tidak ada sesuatu yang patut anda takutkan.

  1. 3.      Kontrol Diri

Sambil menunggu giliran presentasi, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Keluarkan energi yang meletup-letup dalam dada anda melalui hembusan nafas yang teratur. Tenangkan pikiran dan emosi anda. Bila perlu pejamkan mata. Kumpulkan energi itu sebaik-baiknya. Jangan biarkan menggangu ketenangan jiwa anda.

  1. 4.      Manfaat Gelombang Energi

Anda pasti merasakan energi itu bergejolak dalam diri anda. Santai saja dan lepaskan energi itu dari “kerangkeng”. Jangan minder bila para audiens memberi applaus pada pembicara sebelum anda, kerahkan saja energi anda dengan memberikan applaus yang tak kalah meriah. Saat tiba giliran anda, berdirilah dengan sigap dan berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil tersenyum. Lakukan dengan sikap mantap dan rasakan aliran energi itu mengalir dalam setiapgerakan anda.

  1. 5.      Kontrol Suara

Jangan sampai anda dikontrol suara, andalah si pemegang kendali. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Bila anda berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut.Adabaiknya anda menghafal teks pertama anda namun tetap bersikap wajar.

 

Posted on April 24, 2011, in Umum. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. sindrom ini memang tekadang menganggu banget yah dalam komunikasi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: